Source: Republika.co.id, 18 December 2012

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Fujitsu mengembangkan solusi berbasis sistem inti pembiayaan pendanaan (Core Finance Leasing System) dengan mensinergikan aplikasi Finetegrity kedalam solusinya.

Aplikasi pembiayaan Fineintegrity ‘dikawinkan’ dengan server PRIMERGY RX100S7, storage ETERNUS RX300S6, tape library LT20S2, dengan switch SAN dari Brocade. Hasilnya, sebuah solusi integratif yang bisa dimanfaatkan industri pembiayaan.

Solusi ini menawarkan registrasi  dan pengolahan kredit, eksekusi kredit, informasi pelanggan, keuangan dan akuntansi terintegrasi. Solusi yang dikembangkan Fujitsu telah dimanfaatkan Bumiputera-BOT Finance dan diklaim mampu mendukung kebutuhan bisnis perusahaan patungan tersebut.

”Kami mengalami peningkatan yang signifikan dalam menjalankan proses bisnis,” kata Ryotaro Yamato, Finance Director, Bumiputera-BOT Finance.

Bumiputera-BOT Finance adalah perusahaan patungan antara Bumiputera dengan BOT Finance Jepang. Perusahaan ini bergerak dibidang pembiayaan mesin pabrik, alat berat, peralatan otomasi dan informasi kantor, pembiayaan kendaraan dan asuransi.

Menurut Yamato, sebelumnya pihaknya menggunakan Core Finance Leasing System yang dibangun untuklingkungan mainframe. ”Persoalan muncul ketika kami akan menambah sistem (baru) untuk menyelaraskan situasi bisnis yang ada,” katanya.

Karena bermasalah, sistem lama ditinggalkan dan memilih cara kerja manual. Namun banyaknya file dan folder yang harus disimpan, memunculkan masalah penyimpanan data. Proses pencarian data sering terhambat, sekalipun akses ke server di kantor pusat tak ada hambatan.

Dengan sistem baru, kerja manual secara bertahap mulai ditinggalkan.