62-21-3483 0793 info@skyworx.co.id

Source: Infobanknews.com 17 December 2012

Sistem inti Bumiputera-BOT Finance terdiri dari registrasi dan pengolahan kredit, eksekusi kredit, informasi pelanggan, keuangan dan akuntansi terintegrasi. Fujitsu juga menyediakan komponen yang khusus dibuat sesuai dengan proses bisnis khas. Rully Ferdian

Jakarta–Fujitsu siapkan sistem inti pembiayaan pendanaan (core finance leasing system) untuk Bumiputera-BOT Finance yang menawarkan peningkatan signifikan dalam operasional dan pengambilan keputusan dalam bisnis.

Sebelumnya Bumiputera-BOT Finance mengandalkan pada core finance leasing systemyang dibangun untuk lingkungan mainframe. Seiring waktu masalah bermunculan ketika perusahaan memerlukan penambahan sistem untuk menyelaraskan dengan situasi bisnis terkini.

Bumiputera-BOT Finance kemudian meninggalkan sistem lama dan menggunakan cara manual untuk menjalankan bisnis. Solusi sementara ini membawa masalah lain, yakni pada manajemen data. Banyaknya data yang disimpan dalam file dan folder secara manual membuat proses pencarian terhambat, meskipun semua karyawan bisa mengakses server milik kantor pusat. Masalah data ini turut menyulitkan proses pengambilan keputusan dan kepatuhan.

“Kami memilih Fujitsu daripada lima vendor lainnya setelah mempertimbangan portofolionya, khususnya di bidang industri keuangan. Perusahaan induk kami di Jepang juga turut merekomendasikan Fujitsu,” kata Finance Director Bumiputera-BOT Finance Ryotaro Yamato.

“Fujitsu sungguh mengerti kebutuhan bisnis kami, pentingnya proyek bagi kami sehingga walaupun kami memiliki keterbatasan waktu, mereka bisa memberi solusi yang langsung memberikan manfaat bagi kami. Sejak kami menyelesaikan implementasi fitur dasar, cara manual pun mulai ditinggalkan. Kami mengalami peningkatan yang signifikan dalam menjalankan proses bisnis,” ujarnya dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat, 14 Desember 2012.

Fujitsu memberikan solusi yang terdiri dari aplikasi pembiayaan Fintegrity dengan sejumlah komponen khas yang dibuat secara khusus. Fintegrity adalah aplikasi keuangan yang disediakan oleh mitra lokal Fujitsu. Aplikasi ini dijalankan pada infrastruktur yang kokoh dan handal, terdiri dari server PRIMERGY RX100S7, storage ETERNUS RX300S6, tape library LT20S2, dengan switch SAN dari Brocade.

Solusi yang diberikan Fujitsu juga mencakup konsultasi, implementasi, manajemen proyek, pelatihan, dan dukungan. Selain itu, server Fujitsu PRIMERGY menyediakan infrastruktur yang kuat dan dapat diandalkan untuk sistem terbaru, dengan maksud agar dapat memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan.

Sistem inti Bumiputera-BOT Finance terdiri dari registrasi dan pengolahan kredit, eksekusi kredit, informasi pelanggan, keuangan dan akuntansi terintegrasi. Fujitsu juga menyediakan komponen yang khusus dibuat sesuai dengan proses bisnis khas dari Bumiputera-BOT Finance.

“Kombinasi piranti lunak dan komponen khas dari Fujitsu merupakan solusi terbaik bagi kami. Apalagi arsitektur berbasis web meningkatkan proses transaksi data. Terima kasih kepada Fujitsu yang mengerti kebutuhan kami yang unik,” kata Ryotaro. “Proyek ini penting bagi kami dan sejauh ini Fujitsu telah memenuhi harapan kami. Bisnis kami akan terus berkembang, kebutuhan akan pembaruan akan meningkat dan kami berharap bisa bermitra dengan Fujitsu untuk jangka waktu yang lama,” tambahnya.

Manfaat langsung yang dirasakan Bumiputera-BOT Finance setelah menggunakan sistem ini di antaranya terkait sistem inti berbiaya efektif yang selaras dengan nilai yang ditawarkan Bumiputera-BOT Finance. Selain itu, arsitektur berbasis web yang memungkinkan untuk mengakses sistem di mana saja dan kapan saja lewat PC yang terhubung dengan internet. Infrastruktur berbasis server PRIMERGY yang menyediakan fondasi yang kuat dan handal untuk sistem baru saat ini dan masa depan.

“Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor penting bagi tiap perusahaan keuangan. Teknologi ini memberi keunggulan kompetitif terhadap kompetitor. Bumiputera-BOT Finance berhasil mengukuhkan posisinya di pasar setelah menggunakan sistem ini,” kata President Director Fujitsu Indonesia Achmad S. Sofyan. (*)